RSUD Bintan Kekurangan Perawat dan Dokter Umum

Plt. Direktur RSUD Bintan, dr. Royhan menjelaskan kondisi kekurangan perawat dan dokter umum di rumah sakit tersebut. f. Gotvnews/Mhd.

GOTVNEWS, Bintan - Plt. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bintan dr. Royhan mengungkapkan saat ini jumlah tenaga kesehatan khususnya perawat dan dokter umum belum mencapai ideal, Sabtu (21/1/2023).

Ia menuturkan saat ini jumlah perawat yang bekerja di RSUD Bintan hanya sebanyak 80 orang, jumlah tersebut menurutnya belum dapat memenuhi standar dan memperkirakan masih membutuhkan tenaga perawat hingga 20 orang lebih dengan maksimal jam kerja 37 jam .

“Perawat kita memang masih kekurangan dan belum mencapai ideal saat ini perawat yang ada sekitar 80an orang dan masih kurang hingga 20an orang perawat untuk bertugas,” ujarnya.

Sementara itu jumlah dokter umum di RSUD Bintan saat ini berjumlah 12 orang dokter. Dari total jumlah dokter umum tersebut Ia memperkirakan rumah sakit masih membutuhkan setidaknya 4 sampai dengan 5 orang dokter umum untuk bertugas.

“Untuk dokter umum juga saat ini jumlahnya 12 orang masih kekurangan sekitar 4 sampai dengan 5 orang dokter,” tambahnya.

Akibat kondisi kekurangan tenaga kesehatan tersebut kerap kali membuat nakes yang sudah bertugas harus menambah jam kerja dari biasanya apalagi jika rekan se profesinya mengalami sakit dan berhalangan hadir kerja.

“Karena memang mereka bekerja hingga 37 jam lebih, kadang ada yang cuti melahirkan atau sakit kasihan jadi bekerja lebih dari waktu yang seharusnya,” tambahnya lagi.

Berkaitan dengan hal itu pihaknya telah mengajukan tambahan alokasi tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat akhir tahun lalu.

Ia berharap tambahan tenaga kesehatan dapat terealisasi seiring dengan adanya kebijakan anggaran dari Pemerintah Daerah.(Mhd)

Comments