Satgas PMK Kepri Izinkan Hewan Ternak Masuk dari Luar Daerah


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Satgas penyakit mulut dan kuku Provinsi Kepri memberikan izin kepada pedagang untuk mendatangkan hewan ternak dari luar daerah yang sudah bebas PMK.

Ketua Satgas PMK Provinsi Kepri, Adi Prihantara mengatakan, pendistribusian hewan ternak di daerah bebas wabah PMK kini diperbolehkan untuk memasuki wilyah kepri, sedangkan untuk daerah dengan status wabah masih berkembang juga diizinkan masuk, namun harus melewati syarat yang ketat.

Selain itu, Satgas PMK Kepri juga meminta agar hewan ternak yang didatangkan dari daerah dengan status PMK berkembang tidak dikembangbiakkan. Artinya hewan ternak tersebut langsung dilakukan pemotongan untuk mengantisipasi penyebaran PMK.

"Jadi antara daerah kita batasi, dari zona yang bebas PMK boleh masuk, tapi wilayah yang masih berkembang wabah PMK dimungkinkan, namun pengawasan yang ketat, tujuan untuk dipotong bukan dikembangbiakan," terangnya.

Satgas PMK Kepri mempertimbangkan untuk melonggarkan masuknya pasokan sapi dari Lampung, Jambi dan beberapa wilayah Sumatera lainnya. Hal ini dilakukan karena banyaknya keluhan para pedagang yang kesulitan mendapatkan pasokan sapi dari luar daerah. (San)


Comments