Sejarah Peringatan Hari Ayah Nasional 12 November dan Cara Merayakannya


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Bertepatan hari ini tanggal 12 November 2022, di peringati sebagai Hari Ayah Nasional.

Momen ini tentunya menjadi hari dimana para anak bisa mengucapkan rasa terima kasih atas kasih sayang dan jasa lainnya yang telah diberikan oleh sang ayah tercinta.

Berikut, sejarah peringatan Hari Ayah Nasional dan cara merayakannya.

Sejarah peristiwa 12 November yang diperingati sebagai Hari Ayah Nasional ini pertama kali digagas oleh organisasi lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Bermula pada tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo. Peringatan ini dimeriahkan dengan sayembara menulis surat untuk ibu yang diikuti oleh banyak peserta.

Dari surat-surat yang terkumpul kemudian diseleksi, hingga akhirnya didapatkan sebanyak 70 surat terbaik yang akan dibacakan oleh siswa tingkat SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa.

Di akhir acara, panitia penyelenggara terkejut dengan pertanyaan dari banyak peserta, yang menanyakan kapan akan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah.

Setelah melewati kajian yang cukup panjang, PPIP kemudian akhirnya menggelar deklarasi dan menetapkan peringatan Hari Ayah pada tanggal 12 November 2016.

Ternyata, di hari dan jam yang sama deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di daerah Maumere. Deklarasi tersebut disertai dengan peluncuran buku “Kenangan untuk Ayah” yang berisi kumpulan 100 surat untuk ayah yang sudah diseleksi secara nasional.

Setelah itu, panitia dari deklarasi di Merauke mengirimkan buku tersebut beserta piagam deklarasi Hari Ayah Nasional kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta bupati di Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Tak lama kemudian piagam tersebut pun akhirnya disetujui, hingga pada akhirnya tanggal 12 November 2016 resmi ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Setelah mengetahui sejarah peringatan Hari Ayah Nasional, tentunya ada beragam cara yang dapat dilakukan dalam perayaan Hari Ayah Nasional.

Berikut ini adalah tips untuk anda yang ingin merayakan Hari Ayah Nasional sebagai ungkapkan rasa kasih sayang, serta ucapan terima kasih kepada sang ayah tercinta.

Pertama, Anda bisa merayakan Hari Ayah dengan cara sederhana yaitu meluangkan waktu untuk mengobrol bersama ayah, makan bersama, atau kegiatan quality time lainnya.

Dengan meluangkan waktu, Anda bisa menikmati waktu-waktu kebersamaan dengan sang ayah. Meskipun sederhana namun ini akan menjadi kenangan indah di kemudian hari.

Kedua, Anda bisa mengajak Ayah untuk melakukan hobi bersama. Misalnya, ketika ayah Anda gemar memancing, maka ajaklah untuk memancing bersama.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak ayah berlibur di akhir pekan mengunjungi objek wisata menarik di sekitar kota. Dengan cara ini, Anda bisa menikmati waktu bersama ayah dan bersenang-senang bersamanya.

Ketiga, Anda bisa bernostalgia bersama ayah dengan melihat album-album foto lama. Tentu akan ada banyak kisah yang diceritakan dari setiap kenangan foto lama bersama keluarga.

Meskipun terlihat sepele, namun kebersamaan Anda dengan sang ayah akan terasa begitu lebih dekat dan hangat.

Terakhir, Anda bisa mengirimkan kartu ucapan atau video beserta kado kecil yang menarik untuk ayah. Dengan kado kecil dan ucapan terima kasih, Anda bisa menunjukkan betapa berharganya ayah di mata Anda.

Anda juga bisa memberikannya sebuah penghargaan terbaik atas segala hal yang telah ia berikan kepada keluarga.

Itulah beberapa cara dalam merayakan Hari Ayah yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

Selamat Hari Ayah Nasional, Terima kasih untuk Ayah yang telah menjadi pahlawan keluarga.(Frh)

Comments