Warga Keluhkan Pelayanan Disdukcapil Tanjungpinang, Seorang Warga Meninggal Akibat Kelelahan


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Sejumlah warga Kota Tanjungpinang mengeluhkan pelayanan Disdukcapil yang dinilai lamban dan bertele-tele. Bahkan akibat buruknya pelayanan, seorang warga meninggal dunia akibat kelelahan.

Inilah Rahman salah satu warga yang kecewa dengan pelayanan Disdukcapil Tanjungpinang, ia harus kehilangan istrinya setelah berjuang mendapatkan pelayanan dari Disdukcapil Tanjungpinang.

Rahman menceritakan, pertengahan Desember 2022 lalu, ia bersama istrinya mengurus berkas kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan KTP, namun petugas Disdukcapil justru meminta surat kelakuan baik dari Kepolisian sebagai persyaratan.

Hal itu pun diakui Rahman membuatnya bersama istri harus hilir mudik ke Disdukcapil dan kantor Kepolisian sebanyak lima kali.

Hampir putus asa, Rahman akhirnya mengadukan hal ini ke Ombudsman Kepri pada akhir Desember 2022 lalu, pihak Disdukcapil pun mulai merespon. Namun sangat disayangkan diduga akibat kelelahan, istri Rahman atas nama Sava meninggal dunia, pada 5 Januari 2023 lalu.

Yang ia harap mendapatkan dokumen KK dan KTP, namun justru surat kematian istrinya yang dapatkan lebih dulu.

"Saya sangat kecewa dengan pelayanan Disdukcapil, Istri saya sampai meninggal dunia karena kelelahan, kami bolak balik dan dipersulit, harus melengkapi berkas kelakuan surat kelakuan baik, padahal syarat itu katanya tak diperlukan," ungkap Rahman.

Rahman melanjutkan, ia tidak ingin terjadi kepada orang lain, ia berharap agar pemerintah segera memperbaiki kinerja aparatnya. Kekecewaan yang sama juga diungkapkan warga lain bernama Zulfikar.

"Pelayanan Disduk sekarang kesannya dipersulit, saya tidak terima dan kecewa kalau harus bolak balik seperti ini, maunya pemerintah segera perbaiki kualitas pelayanan disini, kasihan masyarakat, dokumen kependudukan itu hak masyarakat," ungkap Zulfikar.

Pantauan di Kantor Disdukcapil juga banyak warga yang mengeluhkan pelayanan yang lamban serta bertele-tele. Hal ini telah diketahui oleh sejumlah anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang berencana akan turun meninjau pelayanan di Disdukcapil. (Drl)

Comments