Warga Terdampak Covid 19 Dapat Bantuan


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Pemprov Kepri mulai menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 selama PPKM berlaku, bantuan tersebut bersumber dari APBD Kepri tahun 2021 dengan menyerap anggaran hingga 20 Milliar Rupiah.

Penyerahan bantuan kepada warga terdampak Covid 19 tersebut diserahkan secara simbolis oleh gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad, di Balai Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Senin 9 Agustus 2021.

Adapun warga yang berhak menerima manfaat bantuan tersebut adalah, warga yang keluarganya terpapar Covid 19, dan keluarga korban meninggal dunia akibat Covid 19, melalui program ini, Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar 20 Miliyar.

Masing masing penerima bantuan mendapat biaya sebesar 1 juta rupiah bagi yang terpapar covid-19 dan 3 Juta Rupiah bagi warga yang keluarganya meninggal dunia akibat virus tersebut.

Jumraini salah satu warga tanjung unggat , Tanjungpinang , mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kepri . sejak suaminya meninggal dunia akibat serangan virus covid-19, ia merasa kesulitan untuk bertahan hidup selama ini.

Sementara itu, Gubernur Ansar menyatakan dalam penyaluran bantuan, pihaknya melihat kondisi sosial ekonomi dari calon penerima bantuan, mulai dari data yang terhimpun di DTKS KEMENSOS, atau surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan dari kelurahan di masing masing wilayah. sedangkan untuk santunan sebesar 3 Juta Rupiah untuk korban meninggal dunia, pihanyak tidak menggunakan data atau kriteria apa pun dalam pemberian bantuan tersebut.

Saat ini ada sebanyak 154 warga yang menerima bantuan tunai sebesar 1 Juta Rupiah terhitung dari tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2021. sedangkan yang meninggal akibat Covid , data yang dihimpun ada sebanyak 644 perwakilan keluarga yang menerima bantuan tersebut , terhitung dari tanggal 8 Juli hingga 2 Agustus 2021.(Drl)

Comments