1.008 Warga Jadi Pemilih Tetap di Toapaya

1.008 Warga Jadi Pemilih Tetap di Toapaya. f. istimewa.

GOTVNEWS, Bintan - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Toapaya menggelar rapat pleno terbuka penetapan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Balai Desa Toapaya, Senin (6/6/2022) sore.

Dalam rapat pleno, Ketua Panitia Pilkades Toapaya Bintang Oki Alexander menjelaskan DPT yang ditetapkan sebanyak 1.008 pemilih. Panitia Pilkades menerima daftar pemilih dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bintan.

Data yang diterima, tercatat ada 975 pemilih dari 4 TPS di Desa Toapaya. Ia mengatakan, data tersebut kemudian diverifikasi kembali saat tahapan pencocokan dan penelitian (coklit).

"Kami tetapkan DPS (Daftar Pemilih Sementara) sebanyak 966 pemilih. Setelah kami tetapkan, kami perbaiki kembali berdasarkan masukan dari masyarakat dan Rt sehingga menjadi 959 pemilih," terangnya.

Kemudian, beberapa hari setelah penetapan DPS ada masukan kembali dari Rt dan tokoh masyarakat jika masih ada warga yang belum terdata dalam DPS.

"Kami masukkan ke dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) yang berjumlah 49 pemilih," timpalnya.

Dari data tersebut, kemudian dituangkan dalam rekapitulasi DPT yakni sebanyak 1.008 pemilih yang berasal dari 959 pemilih dalam DPS dan 49 pemilih dalam DPTb.

"Sehingga kami menetapkan DPT untuk Pilkades Toapaya sebanyak 1.008 pemilih pada hari ini," tutupnya.(Mhd)

Comments