Nelayan di Bintan Pesisir Sulit Dapat Solar

Nelayan di Bintan Pesisir sulit dapat solar

GOTVNEWS, Bintan - Sepekan lebih nelayan tangkap tradisional Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, mengeluhkan kosongnya stok bahan bakar jenis solar, Senin (6/6/2022).

Salah seorang nelayan Desa Kelong, Marwan, mengatakan kosongnya stok solar di Kijang, sangat menyulitkan nelayan tangkap tradisional. 

"Saya dan kawan-kawan nelayan lain sudah sepekan lebih tak turun melaut. Karena tak ada solar. Kalau terus kosong sampai beberapa hari ke depan, susah kami nak menangkap ikan," keluhnya.

Untuk mengatasi kelangkaan solar, nelayan membeli solar melalui pemilik kapal dengan kapasitas besar, namun itu jika mereka memiliki solar lebih. Kalau tidak ada, maka mereka tak bisa turun melaut.

"Sudah sebulan ini kami beli sama pemilik kapal besar. Kami kumpul sikit-sikit dari satu kapal ke kapal lain. Kalau tak kayak gitu, payah nak cari solar," tuturnya.

Marwan, menuturkan sekali turun melaut kapal miliknya itu menghabiskan solar kurang lebih 4 jerigen. Diharapkan, Pemerintah Kabupaten Bintan, dapat memberikan solusi untuk menyediakan solar bagi nelayan.(Mhd)

Comments