234 Jamaah Haji Tanjungpinang Batal Berangkat


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Ratusan ribu Jamaah Haji asal Indonesia tampaknya harus berlapang dada kembali, pasalnya pemerintah pusat menunda kembali keberangkatan haji tahun 2021, penyebabnya masih sama yakni Pandemi Covid19 yang masih melanda dunia.

Pembatalan keberangkatan haji ini dirasakan jamaah secara nasional, termasuk ratusan jamaah haji di kota tanjungpinang, tepatnya para jamaah yang batal berangkat haji pada tahun 2020 lalu,,

Pembatalan keberangkatan Jamaah Haji Kota Tanjungpinang ini dibenarkan oleh Penyelenggara Haji Kemenag Kota Tanjungpinang, Sunarjo, ia menyebutkan bahwa keputusan ini berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI no.660, didasari oleh kondisi Pandemi Covid 19 yang belum reda saat ini, ditambah dengan ditemukannya varian baru di beberapa negara, sehingga pemerintah memilih untuk melindungi warga negaranya dari mudharatnya Covid 19.

Sunarjo mengungkapkan, jumlah Jamaah Haji yang batal berangkat tahun ini berjumlah 234 orang, dari jumlah total 249 Jamaah.

Akibat pembatalan ini, Kemenag Kota Tanjungpinang, berupaya memberikan sosialisasi kepada Jamaah yang batal berangkat, dengan cara memberikan penjelasan terkait kondisi yang terjadi saat ini, beruntung ratusan Jamaah memberikan respon positif dan ikhlas menerima keadaan tersebut.

Sunarjo menambahkan, sesuai keputusan Menteri Agama tahun lalu, sejumlah Jamaah Haji Indonesia yang batal berangkat haji sejak tahun 2020 lalu, akan menjadi jamaah prioritas, jika pandemi mereda dan Arab Saudi kembali membuka pintu untuk para Jamaah Haji nantinya.(Drl)

Comments