20 Guru di Tanjungpinang Ikuti Program Guru Penggerak

20 Guru di Tanjungpinang Ikuti Program Guru Penggerak. f. Gotvnews/Drl

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Kementerian Pendidikan dan Budaya kembali membuka kesempatan bagi tenaga pendidik di tanah air, untuk mengikuti program Guru Penggerak angkatan ke 7 tahun ini.

Untuk di Kota Tanjungpinang, setidaknya ada 20 orang guru yang berkesempatan menjadi guru penggerak tahun 2022 ini.

“Untuk tahun ini ada sekitar 20 orang guru dari Kota Tanjungpinang yang ikut Program Guru Penggerak, dalam enam bulan kedepan mereka akan mengikuti rangkaian pelatihan dari Kemdikbud, baik secara Luring maupun Daring," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati.

Endang melanjutkan, saat ini di Kota Tanjungpinang telah mencetak 5 angkatan guru penggerak, yang mana dalam sistem pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah nantinya akan dipilih dari kalangan guru penggerak.

Apa itu Guru penggerak 

Guru penggerak menurut laman resminya di Sekolah Penggerak Kemdikbud adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid. 

Selain itu, ketika berperan sebagai guru penggerak, maka guru diharapkan bisa menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Ketika menjadi guru penggerak maka diharuskan guru lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak.

Guru Penggerak diharapkan nantinya akan memiliki sejumlah peran. Peran-peran guru penggerak ini diharapkan adalah sebagai berikut: 

- Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya. 

- Menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah. 

- Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah. 

- Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru serta pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 

- Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah Untuk menjadi seorang guru penggerak, maka guru perlu melalui sejumlah tahapan, tahapan pertama yakni seleksi calon guru penggerak. 

Adapun tahapan selanjutnya yakni mengikuti program pendidikan guru penggerak berupa pelatihan daring, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 6 bulan. Selama program, nantinya guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.(Drl)

Comments