BMKG Ingatkan Gempa Susulan di Banten


GOTVNEWS, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya gempa susulan, pasca terjadinya gempa 5,5 Magnitudo di Banten, pada hari Minggu (9/10/2022) lalu.

BMKG mengingatkan, bahwa bencana alam yang melanda Provinsi Banten dan sekitarnya ini berpotensi gempa susulan, oleh karena itu, warga diimbau untuk waspada dan menghindari bangunan yang rapuh.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, gempa yang juga mengakibatkan banjir bandang di sekitar sungai Cibareno tersebut, berpusat di 25 Km dari Kabupaten Bayah, Banten, pada kedalaman 12 Km. Kendati berkekuatan 5,5 SR, gempa tersebut diyakini tidak berpotensi Tsunami.

Berdasarkan data yang dihimpun, akibat gempa ini, menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan rumah warga dan dikabarkan juga menghanyutkan salah satu pabrik tahu di Kabupaten Sukabumi, akibat terseret banjir bandang sungai Cibereno.

Selain di wilayah Provinsi Banten, beberapa wilayah di Provinsi Jawa barat dan Jakarta ikut merasakan dampak getaran gempa tersebut. Masyarakat diminta untuk selalu waspada mengantisipasi dampak gempa susulan yang kemungkinan terjadi.(Drl)


Comments