Cegah Bencana, Ansar Perintah Wako Dan Bupati Waspada


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Persiapan menghadapi perubahan cuaca menjelang akhir tahun, Pemprov Kepri mendorong Pemko dan Pemkab di Kepri untuk mewaspadai potensi bencana alam, terutama bencana banjir dan longsor dimasa musim penghujan tiba.

Perubahan cuaca ekstrem yang biasa terjadi di akhir tahun, masih menjadi ancaman bagi masyarakat Kepri, terutama terhadap bencana alam jenis Hidrometeorologi, seperti banjir bandang, banjir serta tanah longsor, untuk mengantisipasi hal ini, Pemprov Kepri mendorong Pemkab dan Pemko, agar sejak dini mempersiapkan segala sesuatu agar penanganan bencana alam dapat lebih maksimal.

Perintah langsung dari Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang meminta agar agar Walikota dan Bupati, mengkampanyekan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama terkait kondisi saluran drainase dan perilaku membuang sampah sembarangan, yang masih menjadi faktor utama penyebab terjadinya banjir dan meminta masyarakat selalu melaksanakan gotong royong.

Baca Juga : Cuaca Buruk Sejumlah Kapal Tunda Keberangkatan

Saat ini Pemprov Kepri juga tengah berupaya bersama pemerintah pusat yang berkonsentrasi di Ibu Kota Provinsi, untuk membuat kolam retensi di kawasan rawan banjir, seperti kawasan Kampung Kolam, yang merupakan daerah dengan langganan banjir.

Diketahui, Kota Tanjungpinang sendiri merupakan salah satu daerah di Kepri yang rawan terdampak bencana alam seperti banjir dan longsor, dalam periode 2020 hingga 2021 ini setidaknya terjadi ratusan bencana banjir yang kerap menghantui warga. (Drl)


Comments