Cuaca Sepekan Lebaran, BMKG Prediksi Terjadi Hujan Ringan hingga Sedang

Foto ilustrasi. f. istimewa.

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Sepekan kedepan, tepat di momen hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memperkirakan kondisi cuaca hujan ringan - sedang akan mendominasi.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Hayu Nur Mahron menjelaskan, kondisi cuaca ini dipengaruhi fenomena gelombang ekuatorial Kelvin dan Rossby yang membawa dampak peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Pulau Bintan dan sekitarnya. Selain itu juga membawa pengaruh berupa konvergensi angin dan belokan angin yang menyebabkan perlambatan massa udara sehingga mendukung untuk pertumbuhan awan Cumulonimbus seminggu kedepan

"Untuk seminggu kedepan potensi cuacanya masih didominasi hujan ringan-sedang dan sesekali lebat tidak merata yang dapat disertai petir dan angin kencang, mengingat bulan April dan Mei ini adalah salah satu puncak hujan menurut data klimatologis kami," Jelasnya.

Sementara itu, untuk potensi waktu terjadinya hujan yakni pada pagi-siang dan dini hari. "Terlebih, ditambah suhu muka laut yang hangat dengan anomali cenderung positif hingga +1.5 C dapat meningkatkan pasokan uap air yang cukup untuk mendukung pertumbuhan awan tersebut," pungkas Hayu.(Drl)

Comments