DP3APM Targetkan Inovasi Baru Produk Oleh - Oleh Khas Tanjungpinang


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang menggelar pelatihan pengolahan hasil laut. Sebanyak 10 pelaku industri kecil menengah (IKM) mengikuti pelatihan yang mulai dibuka Kamis (24/11/2022) kemarin.

Inilah suasana pelatihan pengolahan hasil laut. Para pelaku IKM diberikan pengetahuan dan wawasan agar menjadi pelaku usaha profesional yang melahirkan inovasi produk.

Menurut Kepala DP3APM Tanjungpinang, Rustam, potensi hasil laut di Tanjungpinang yang besar, ditambah lagi Kota Tanjungpinang sebagai tujuan wisata, maka pelatihan ini diharapkan menjadi pemacu untuk lebih berkembang dan maju.

"Kita targetkan pelatihan ini tidak hanya menjadi sekadar pelatihan semata, kita juga akan membina para pelaku IKM ini melalui bantuan alat produksi, saya targetkan dalam pelatihan ini para peserta dapat membuat inovasi baru resep olahan laut nantinya" kata Rustam.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma membuka secara langsung kegiatan ini, meminta agar para peserta yang merupakan perwakilan lima kelurahan se-kota Tanjungpinang tersebut serius mengikuti pelatihan, kemudian segera mengaplikasikan ilmu yang didapat.

"Kami terus membantu mereka bangkit dari kondisi yang ada menjadi lebih kuat, dalam bentuk fasilitas kami bantu semua, dari mulai alat produksi hingga fasilitas perizinan penjualan mereka hingga ke Swalayan," jelas Rahma.

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan berbagai pembekalan teori terkait pengolahan hasil laut hingga teori menjadi pengusaha yang sukses, untuk melatih para peserta, pihak Dinas memanggil salah satu pengusaha sukses di Tanjungpinang, yakni Kartika sebagai Narasumber pelatihan ini.

Tidak hanya dilatih, peserta juga mendapatkan bantuan alat produksi sebanyak 9 item, seperti kompor, gas LPG 5Kg, wajan, dan alat produksi lainnya, hal ini bertujuan agar membantu pelaku IKM semakin mudah mengembangkan usahannya. (Drl)

Comments