Gubernur Kejar Program Kepri Terang


GOTVNEWS TANJUNGPINANG - Demi mengejar target untuk mewujudkan program Kepri Terang, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengunjungi kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Tanjungpinang, yang berada di Jalan bakar batu Tanjungpinang. Untuk membahas program tersebut  dan membahas dana CSR dari PLN untuk masyarakat Kepri.

Kunjungan Gubernur ini dilakukan setelah meninjau kondisi listrik serta meresmikan listrik masuk desa di beberapa pulau di Kecamatan Belakang Padang, beberapa waktu lalu.

Kedatangan Ansar ke UP3 PLN Tanjungpinang, guna membahas program Kepri terang dan penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat Kepri.

Selain itu, kunjungan ke PLN Tanjungpinang merupakan tindak lanjut dari rencana Gubernur untuk mempercepat tuntasnya program Kepri terang yang nantinya dapat dinikmati secara merata bagi masyarakat Kepri .

Untuk mempercepat masuknya listrik di pulau-pulau besar di Kepri, Gubernur menjelaskan akan dilakukan pola serah terima operasi, atau STO, antara Pemprov Kepri dengan PLN. Dalam pola STO ini Pemprov Kepri akan membantu penyediaan tenaga teknis yang akan bertugas menjaga dan merawat mesin generator. Sementara untuk beberapa pulau kecil yang tidak terlalu banyak ditinggali keluarga, akan akan dialiri listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya.

Bahkan untuk program tersebut, Pemprov Kepri telah menganggarkan dana hingga mencapai 3 miliar rupiah, agar jaringan listrik di 8 pulau di Batam dapat diterangi aliran listrik.

Baca Juga : APBD Kepri 2022, Sebesar Rp. 3,87 T

Selain di Batam, Ansar juga memberikan perhatian kepada beberapa pulau di Kabupaten Bintan yang belum dialiri listrik, beberapa pulau seperti pulau malin besar, malin kecil, kelong, dan desa tenggel akan dialiri listrik menggunakan transmisi tower. Sedangkan untuk Kabupaten Anambas , ada 6 desa akan dimulai pengaliran listrik melalui pendanaan CSR dari SKK migas.

Ditempat yang sama, Manajer unit pelaksana pelayanan pelanggan atau UP3 PLN Tanjungpinang, Yusra Helmi, mengatakan PLN siap memberikan dukungan terhadap program pengaliran listrik ke pulau-pulau yang digesa oleh Gubernur Kepri.

Program Kepri terang menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, untuk memberikan dukungan pada program nawacita yang digagas presiden jokowi untuk membangun indonesia mulai dari desa-desa terpencil dan terluar.(Drl)


Comments