Indeks Kemerdekaan PERS Kepri Dinilai Terbaik


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Indeks kemerdekaan PERS di Provinsi dinilai terbaik dalam survey IKP tahun 2021 oleh Dewan Pers, Kepri berhasil mengalahkan daerah lainnya dengan nilai rata - rata 83,3, sehingga IKP Kepri menduduki peringkat pertama.

Prestasi Kepri ini diumumkan dalam kegiatan sosialisasi hasil survei Indeks Kemerdekaan Pers atau IKP 2021 yang berlangsung di Hotel Aston, beberapa waktu lalu, oleh dewan Pers, dalam kesempatan, ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, menyatakan bahwa kegiatan ini didasari oleh peraihan Provinsi Kepri sebagai wilayah dengan peringkat pertama dari survei IKP 2021.

Dimana Provinsi Kepri mencapai angkai 83 koma 3 mengalahkan Provinsi lain seperti Kalimantan Timur yang berada di posisi 3 dan Maluku Utara yang pernah menyabet posisi satu pada ajang IKP di tahun 2020.

Baca Juga : Hak Angket Dan Suara Hati Rakyat Kota Tanjungpinang

Mantan Menteri Kominfo dan Pendidikan di era kepemimpinan SBY, ini pun berharap agar Provinsi Kepri dibawah kepemimpinan Ansar Ahmad dapat mempertahankan prestasi tersebut. Ditempat yang sama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyambut baik predikat yang diberikan dewan pers melalui survei IKP tersebut.

Menurutnya, Raihan ini merupakan kerja keras yang baik berupa evaluasi dan sinergi kinerja antara pemerintah provinsi dan media dalam mewujudkan demokrasi, mengingat pada tahun 2020 lalu, provinsi Kepri hanya mampu bertengger di posisi 10 besar. Provinsi Kepri meraih predikat pertama pada Survei Indeks Kemerdekaan PERS tahun 2021 yang diukur pada tahun 2020 lalu. Indikator penilaian yang digunakan oleh lembaga survei bekerjasama dengan dewan pers terbagi atas 3, yakni lingkungan sosial politik, ekonomi dan hokum.

Sedangkan secara kumulatif, IKP tahun 2021 ini mengalami peningkatan yang tidak terlalu tinggi, yaitu tumbuh sebesar 0 koma 75 persen, dari pada tahun 2020 lalu yang berada di angka 76 koma 27, kini IKP Nasional berada di angka 76 koma 2. (Drl)


Comments