Indonesia Diambang Resesi, Apakah Investasi Emas Aman? Cek Faktanya


GOTVNEWS, Ragam - Potensi terjadinya resesi pada tahun 2023 banyak disampaikan oleh sejumlah kalangan, salah satunya adalah Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Lalu, apakah investasi emas bisa menguntungkan saat ada risiko hingga ketika benar terjadinya resesi? Berikut pendapat dari beberapa pakar ekonomi.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu menyatakan bahwa proyeksi perekonomian di kuartal ketiga tahun ini bakal mencapai minus 2,9 persen.

Hal ini tentunya menegaskan bahwa resesi sudah pasti akan terjadi dalam waktu dekat.

Untuk itu Perencana Keuangan Advisor Alliance Group (AAG) Indonesia, Dandy mengatakan, kemungkinan resesi dalam waktu dekat tentu bisa berpengaruh pada market.

Ia mengatakan agar bersiap dalam menghadapi situasi tersebut, lebih baik jangan terlalu cepat mengambil keputusan, termasuk dalam memilih instrumen investasi.

Menurutnya, emas juga bisa menjadi pilihan utama. Sebab, emas sendiri merupakan aset safe haven.

Umumnya, ketika perekonomian sedang terpuruk, harga emas cenderung naik. Hal ini sudah terbukti saat krisis akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Direktur PT Laba Forexindo, Berjangka Ibrahim Assuaibi mengungkapkan, untuk masyarakat yang memiliki investasi emas sebaiknya tahan untuk menjual atau tahan untuk tidak membeli. Sebab, dolar AS saat ini nilainya sudah terlalu tinggi.

Ia juga menambahkan, untuk berinvestasi pada logam mulia kuning ini membutuhkan waktu jangka yang panjang, minimal 3 tahun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.(Frh)


Comments