Ini Manfaat Yoga Bagi Tubuh yang Wajib Kamu Tahu


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Meskipun lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, manfaat yoga tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik. Berikut manfaat yoga bagi tubuh yang harus anda ketahui.

Yoga merupakan olahraga tubuh dan juga pikiran. Yoga sejak dahulu dikenal sebagai salah satu bentuk meditasi kuno yang berasal dari India.

Kini, yoga telah menjadi olahraga yang dinilai mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. 

Olahraga ini menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta pose dan gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi serta mengurangi stres pada tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat yoga untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan jika melakukannya dengan tepat dan rutin.

1. Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas

Fungsi yoga yang pertama adalah meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas bagi orang yang rutin melakukannya. Pasalnya, terdapat beberapa pose yoga yang memang menargetkan khusus manfaat tersebut.

2. Mengurangi Stres

Manfaat senam yoga juga dikenal mampu meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Jenis olahraga ini diteliti dapat menurunkan produksi kortisol, yaitu hormon stres di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung adalah manfaat yoga yang juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk tentunya dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Akibatnya, kamu menjadi lebih gampang terkena penyakit. 

5. Membantu Meningkatkan Pernapasan

Bernapas dalam-dalam adalah bagian terpenting dari setiap latihan yoga. Teknik pernapasan dalam yoga berfokus untuk meningkatkan pernapasan dari perut hingga ke bagian atas paru-paru. 

6. Meningkatkan Kualitas Hidup

Fungsi yoga yang tidak kalah penting berikutnya adalah meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Waktu yang tepat untuk melakukan yoga bisa berbeda pada setiap orang. Sebaiknya, temukan waktu yang paling sesuai untuk diri sendiri, seperti saat pagi hari ataupun malam hari. (Frh)

Comments