Keluarga Sultan Riau Lingga, Angkat Bicara


GOTVNEWS TANJUNGPINANG - Paska polemik terkait pengukuhan sultan Riau Lingga beberapa hari lalu, membuat pihak keluarga kesultanan Riau Lingga angkat bicara, menjelaskan terkait permasalahan tersebut, sekaligus menjawab keraguan dan pertanyaan publik yang menolak proses pengukuhan tersebut.

Menanggapi aksi penolakan organisasi pemuda penyengat, tentang pengukuhan sultan Riau Lingga, pihak keluarga dari kesultanan Riau Lingga mencoba memberikan klarifikasi. Menurut keterangan dari keturunan sultan Abdurrahman Mu’azam Shah, gelar sultan dapat diberikan dari kedua orang tuanya,dan dibenarkan dari baik dari garis ayah maupun ibu , dengan beberapa syarat yang ditentukan.

Jika ibundanya bukan dari permaisuri maka tidak berhak keturunannya menjadi sultan. Selain itu pengukuhan sultan tengku Harmizan ini telah di musyawarahkan bersama keluarga keturunan Sultan Abdurrahman Mu’azam Shah yang berada di Singapura dan Malaysia, sehingga disepakati untuk menujuk Tengku Harmizan sebagai penerus Sultan Riau Lingga.

Baca Juga : Lewat Spanduk, Gubernur Ansar Dinilai Gagal

Tengku Fahmi melanjutkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh keluarganya , tidak lain hanya untuk menjaga adat serta peninggalan kerajaan Sultan Riau Lingga terhadulu,menurut Tengku Fahmi, aksi penolakan diduga hanya dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menggagalkan rencana pengukuhan,yang merupakan amanah dari pihak keluarga.

Pengukuhan Sultan Riau Lingga itu akhirnya ditunda untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat, namun dari pihak keluarga berharap kepada masyarakat secara dapat memahami agar pengukuhan dapat terlaksana tanpa ada pihak yang keberatan.(Drl)


Comments