Ramaini, Sang Pemburu Ranjau Paku


GOTVNEWS TANJUNGPINANG - Untuk bertahan hidup, seorang pria paruh baya rela memungut paku dijalanan, hal ini ia lakukan untuk mencari sesuap nasi sekaligus beramal, agar tidak mencelakai para pejalan kaki dan juga pengendara.

Inilah Ramaini, seorang lelaki paruh baya, yang keseharinya melakukan aktivitas berburu paku tiap ruas jalan di Kota Tanjungpinang , sejak pagi dirinya sudah melakukan aktivitasnya hingga sore hari, Ramaini yang akrab dipanggil Pakwo ini kerap menyusuri jalan dengan berjalan kaki, bahkan hingga berkilo - kilo meter jalan yang ia tempuh.

Dengan berbekal tas kecil serta alat utamanya yakni bandul magnet, Ramaini menelusuri setiap jengkal jalan raya, hingga gang kecil pun tetap menjadi sasarannya, untuk memungut paku dalam mencari nafkah, kegiatan ini pun telah ia lakukan kurang lebih sejak 8 bulan lalu.

Selama berburu ranjau paku tiap harinya, Pakwo Ramaini pernah mendapatkan 8 hingga 10 kg paku yang tersebar di Jalan Kota Tanjungpinang, yang nantinya, ia jual kepada pengepul, dengan kisaran harga Rp.3000 hingga Rp.5000 per Kg. Selain itu ia berpikir apa yang telah ia lakukan ini sebagai ladang amalnya, terutama bagi keselamatan pengendara.

Saat ditemui, Ramaini mengaku bahwa hal ini ia lakukan untuk mencari rezeki demi memenuhi kebutuhan hidupnya, yang hanya seorang diri di perantauan, sedangkan keluarganya saat ini berada di Jambi.

Baca Juga : Kritik Pemerintah Lewat Spanduk, Dinilai Wajar

Pria yang sebelumnya bekerja sebagai tukang bangunan ini, bercerita dirinya tidak jarang mendapatkan dicemooh dan dihina oleh orang sekitar, namun baginya pekerjaan yang halal, justru lebih baik baginya, daripada bekerja dan mendapatkan rezeki melalui cara yang dilarang oleh sang maha pencipta.

Semangat Pakwo Ramaini patut menjadi contoh bagi kita, yang tetap menjadi sosok yang bermanfaat bagi sekitarnya, serta tidak segan mengotori tangannya demi mencari rezeki yang halal tanpa harus menyusahkan orang lain.(Drl)


Comments