Lestarikan Budaya, Disbud Kepri Gelar Lomba Kompang di Bintan

Lestarikan Budaya, Disbud Kepri Gelar Lomba Kompang di Bintan. f. Gotvnews.

GOTVNEWS, Bintan - Dinas Kebudayaan (Disbud) Kepulauan Riau (Kepri) menggelar festival kompang di gedung Community Centre Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong, Rabu (26/10/2022). 

Festival ini digelar untuk melestarikan Kesenian Kompang, Belasan Grup Kompang Ikuti Festival Kompang. Dalam festival ini, grup kompang Al Ijtihad dari Kecamatan Teluk Sebong keluar sebagai Juara I. 

Kemudian, Juara II disusul grup kompang Al Ummi dari Kecamatan Bintan Utara dan Juara III diraih grup kompang Al Amin dari Kecamatan Seri Kuala Lobam. 

Pamong Budaya Muda Bidang Tradisi pada Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Kepri Raja Erliza mengatakan, festival ini digelar tingkat Kabupaten Bintan dengan diikuti 15 orang peserta. 

"Semoga kegiatan ini dapat melestarikan kesenian kompang. Serta memberikan hiburan bagi ibu ibu yang seharian mengurusi rumah tangga," ujarnya.

Sementara itu Ketua Grup Kompang Al Ijtihad, Siti Zainab mengatakan, sebelumnya grup kompang mereka pernah meraih juara harapan 3 dalam festival kompang dan marawis di Kawal, Bintan dan kini bisa menjadi juara kompang di kabupaten Bintan.

"Terharu sekali, kami latihan sendiri, dan alhamdulillah dapat juara pertama," tutupnya.(Mhd)

Comments