Maraknya Aksi Maling Kotak Amal, Pengelola Masjid Diminta Lebih Waspada


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Kasus pencurian kotak amal yang marak terjadi, pada beberapa Masjid di Kota Tanjungpinang , bahkan saat ini Polsek Tanjungpinang Timur sedang menangani tiga kasus pencurian kotak amal yang cukup meresahkan masyarakat.

Pencurian kotak amal yang kerap terjadi, diduga oleh lemahnya kondisi ekonomi, saat di landa pandemi Covid 19 , menjadikan tingginya angka pengangguran dan sepinya daya beli , hal ini didasari oleh para pelaku yang diinterogasi, mereka nekad melakukan pencurian dikarenakan oleh kebutuhan ekonomi yang kian terjepit dan semakin sempit.

Selain faktor desakan ekonomi, diduga oleh lemahnya keamanan pada fasilitas di Rumah Ibadah, sehingga para pelaku memilih Rumah Ibadah menjadi target dan sasarannya.

Bahkan modus dalam setiap aksinya bermacam macam, seperti berpura-pura sebagai jamaah, hingga menutup kamera CCTV menggunakan kantong plastik, untuk melancarkan aksinya.

Oleh karena itu, pihak Kepolisian menghimbau kepada pengelola rumah ibadah, untuk lebih waspada dan menyiapkan sistem keamanan, sebagai langkah pencegahan dari aksi pencurian.

Selain itu, pengelola Rumah Ibadah untuk sesering mungkin mengosongkan kotak amal secara berkala, sebagai antisipasi atau membuka kesempatan.

Himbauan ini juga disampaikan oleh Kanit Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur, Ipda Sidiq Amin.

Diketahui baru baru ini, telah terjadi kasus pencurian kotak amal di salah satu Masjid di Tanjungpinang Timur, pelaku berhasil dipergoki dan ditangkap oleh warga setempat, yang sempat dicuri pelaku sekitar lima juta rupiah.(Drl)

Comments