Masalah Sampah di Pasar Baru, PT.TMB Tawarkan Dua Solusi


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan alam ,terjadi di Pasar Baru di Kota Tanjungpinang , tumpukan sampah plastik dan jenis sampah lainnya yang dibuang ke laut , menimbulkan pencemaran lingkungan dan aroma yang tak sedap , membuat pengguna pasar menjadi tidak nyaman.

Inilah kondisi terkini di salah satu titik pasar baru atau tepatnya di Pelantar KUD Tanjungpinang, terlihat tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik yang sulit terurai menjadi pemandangan yang luar biasa pada lokasi ini, meskipun telah diberikan papan himbauan untuk larangan membuang sampah ke laut, namun beberapa oknum masih saja membandel mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan, bahkan dilaut.

Selain merusak lingkungan dan pemandangan pasar, sampah yang menumpuk ini juga bisa berdampak terhadap kesehatan warga sekitarnya.

Menanggapi permasalahan ini, pihak pengelola Pasar Baru Tanjungpinang, yakni Direktur Utama PT. Tanjungpinang Makmur Bersama (TMB), Fahmi menyebutkan, bahwa pihaknya telah melakukan gotong royong bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) beberapa waktu lalu, sebagai upaya jangka pendek dalam mengatasi kebersihan di pasar tradisional tersebut.

Namun untuk tumpukan sampah yang berada dibawah kolong pasar, telah terjadi sejak puluhan tahun lalu, dan saat ini sulit untuk ditangani dalam waktu singkat, sebab tumpukan sampah yang tebal menyulitkan petugas untuk membersihkan area sempit tersebut, ditambah lagi dengan adanya hewan buas seperti ular yang kerap muncul, dan mengancam keselamatan petugas kebersihan.

Fahmi berjanji, akan mengatasi permasalahan ini secara serius, tepatnya pada program revitalisasi pasar yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2022 mendatang.

Dirut BUMD Tanjungpinang itu juga mengajak agar warga dan pelaku pasar baru , dapat bekerja sama untuk menjaga lingkungan di sekitarnya, sebagai upaya mewujudkan kondisi pasar yang bersih dan sehat, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan bahkan di laut.

PT. TMB juga telah menyiapkan belasan petugas kebersihan dan pengangkut sampah untuk Pasar Baru I dan II, namun hal ini akan sia-sia jika kebiasaan buang sampah sembarangan belum diperbaiki secara massif.(Drl)

Comments