Mie Lendir Khas Tanjungpinang yang Menggugah Selera, Intip Cara Membuatnya


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Jika berkunjung ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan bernama mie lendir. Kuliner khas yang cukup populer di kalangan para wisatawan ini tentunya menggugah selera. Berikut liputannya.

Mi lendir, nama yang terdengar unik ini membuat siapa saja berkunjung ke Tanjungpinang pasti cukup penasaran untuk mencicipinya.

Mie Lendir memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan tidak terlalu pedas. Biasanya masyarakat Tanjungpinang umumnya menjadikan kuliner ini sebagai menu sarapan di pagi hari.

Rasanya yang legit dan gurih ini dijamin membuat banyak orang ketagihan. Bahan baku untuk membuat mie lendir ini adalah mie lidi atau mie kuning basah.

Sedangkan untuk bumbunya dibutuhkan ubi madu, kacang tanah, gula merah, cabe merah, bawang putih, kencur, serai, daun salam, udang kering, tepung maizena, garam dan penyedap rasa.

Untuk tambahan topingnya menggunakan tauge, telur rebus, bawang goreng, seledri, dan irisan cabe rawit.

Cara membuat mie lendir ini juga cukup mudah, semua bumbu dihaluskan, kemudian ditumis dan direbus bersama air, lalu masukan daun serai dan daun salam.

Aduk hingga mendidih dan tambahkan larutan tepung maizena, selanjutnya diaduk hingga kuah mengental.

Setelah itu, rebus mie kuning dan juga tauge, kemudian angkat dan hidangkan, lalu siram dengan kuah kental yang sudah dimasak.

Jangan lupa tambahkan toping irisan cabe rawit, bawang goreng, daun seledri, dan potongan telur rebus. Kuliner mie lendir siap untuk disantap.

Harga mie lendir yang dijual di sejumlah restoran maupun di warung di kawasan Tanjungpinang ini sangat beragam dan cukup terjangkau, yakni dibandrol mulai dari harga Rp 10.000 saja, sudah bisa membuat perut terasa kenyang.(Frh)

Comments