Minimalisir Panas Bumi, Warga Tanam 200 Ribu Mangrove


GOTVNEWS BINTAN - Upaya untuk meredam panas bumi yang kian meningkat sekitar 0,98 derajat celcius jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, salah satu upaya dilakukan dengan perbanyak tanaman Mangrove, hal ini membuat salah satu Komunitas Pencinta Mangrove Indonesia terus melakukan aksinya agar bumi tetap terjaga dan menghindar dari segala macam ancaman.

Komunitas Pencinta Tanaman Mangrove Indonesia, terus melakukan penanaman bibit - bibit Mangrove di kawasan Sei Tiram Bintan. Dengan berbekal ketelatenan serta kesabaran para Pencinta Tanaman Mangrove ini, telah berhasil menanam ratusan ribu pohon bahkan saat ini sudah ada Mangrove tumbuh dewasa yang berusia belasan tahun.

Beranggotakan masyarakat serta pemuda pemudi setempat, terhitung sejak tahun 2010 hingga saat ini, Komunitas Manggrove Indonesia ini telah menanamkan 200 ribu tanaman Mangrove, penanaman ini bertemakan budidaya dan memadukan penanaman Mangrove dengan perikanan. Untuk kali ini komunitas ini kembali menanam sebanyak 26.500 bibit Mangrove, di Kawasan Sei Tiram Bintan bersama pemuda dan masyarakat setempat.

Penanaman Mangrove ini pun akan terus berlanjut, hingga seluruh lahan yang telah disiapkan dengan luas kurang lebih sekitar 100 hektar, hal positif ini semakin menggairahkan dan menambah semangat komunitas ini, setelah beberapa waktu lalu, orang nomor satu di Indonesia, yakni Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga ikut melakukan hal yang sama dalam melestarikan lingkungan.

Baca Juga : Gadis 8 Tahun Raih Juara III , Lomba Celoteh Anak Pulau

Ketua Pencinta Mangrove indonesia, Adi Indra Pawennari menyebutkan, penanaman Mangrove kali ini, ia bersama komunitasnya mendapat dukungan dari negeri sakura atau yang lebih dikenal negara Jepang, upaya pelestarian lingkungan ini, sudah dilakukan sejak tahun 2010 hingga saat ini dan telah menanam 200 ribu batang diatas lahan seluas 30 hektar, dan masih tersisa 70 hektar lahan untu kembali ditanami Mangrove.

Atas ketekunan dan kesabarannya menanam bibit Mangrove dan kini pohon Mangrove inipun telah tumbuh besar mulai dari yang berumur 6 bulan hingga belasan tahun. Kawasan ini rencananya akan dijadikannya sebagai kawasan wisata mangrove yang dapat di kunjungi oleh masyarakat dan pelajar yang ingin mempelajari peran penting mangrove bagi kehidupan manusia.(Drl)


Comments