Pastikan Pengguna Tranportasi Laut Aman, Tim SAR Rutin Lakukan Patroli Laut

Pastikan Pengguna Tranportasi Laut Aman, Tim SAR Rutin Lakukan Patroli Laut. f. istimewa

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Selama Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Tim SAR terus melakukan patroli siaga angkutan lebaran di Pelabuhan Penyeberangan antar pulau. Hal ini dilakukan agar operator jasa transportasi tidak membawa penumpang berlebihan mengingat saat ini cuaca yang kerap berubah-ubah, Rabu (4/5/2022).

Patroli Tim SAR dilakukan dibeberapa lokasi, seperti di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Sri Bayintan Kijang, serta Pelabuhan Penyengat dan Pelantar 2.

Selain Patroli di Perairan, Tim SAR juga siaga di beberapa titik di daratan seperti, Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang dan lokasi-lokasi Wisata Pantai yang ramai dikunjungi oleh warga.

"Kita tidak hanya di Tanjungpinang, melainkan Tim SAR juga siaga di beberapa Kabupaten/Kota seperti di Karimun, Batam, Bandara Hang Nadim Batam, Lingga, Pelabuhan Jago Dabo, Tanjung Buton dan Pelabuhan Sei Tenam," kata Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi.

Disamping itu, kata Slamet, disela Patroli, Tim SAR juga menghimbau kepada penumpang dan wisatawan agar selalu memperhatikan keselamatan saat melakukan penyeberangan dan pergi ke lokasi wisata, dimana cuaca saat ini berubah-ubah dan bisa berpotensi musibah.

"Kita juga menghimbau ke penumpang agar perhatikan keselamatan, pihak kapal juga kita himbau agar tidak membawa penumpang berlebihan, karena kondisi cuaca saat ini berubah-ubah," imbuhnya.

Dalam melaksanakan pengamanan Siaga selama Lebaran Idul Fitri, Tim SAR menerjunkan 1 unit perahu karet di masing-masing Wilayah serta Rescue Carier, Rescue Truck dan menempatkan 5 orang personil untuk di titik pelabuhan dan 10 Personil untuk Wisata karena mengantisipasi ramainya pengunjung wisata yang berlibur kepantai.

"Potensi terjadinya bencana ataupun kecelakaan mengharuskan personel SAR siap 1x24 jam termasuk pada momen mudik kali ini," Sesuai arahan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Henri Alfiandi," tukasnya.(Tim)

Comments