Pemko Tanjungpinang Siapkan Rp 3,3 Miliar Untuk Revitalisasi Akau Potong Lembu


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Untuk mempercantik serta meningkatkan minat pengunjung, Pemerintah Kota Tanjungpinang berencana akan memperindah Akau Potong Lembu pada tahun 2023 mendatang, proyek revitalisasi Akau ini rencananya akan memakan biaya sekitar Rp.3,3 Miliar.

Pemerintah Kota Tanjungpinang, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanjungpinang, berencana akan merevitalisasi Akau Potong Lembu, yang terletak di Kelurahan Kemboja.

Pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR, Irfan menjelaskan, untuk memperindah Akau Potong Lembu, pihaknya berencana menyiapkan anggaran sekitar Rp.3,3 Miliar, yang dibagi dua pekerjaan, pertama untuk penataan lapak pedagang sebesar Rp. 2,5 Miliar dan pengerjaan perbaikan drainase sebesar Rp.800 juta.

Rencananya, proyek pembangunan fisik akan dimulai pada bulan Febuari atau Maret 2023, atau selambat - lambatnya pada bulan April 2023.

"Latar belakang proyek ini adalah kondisi Akau yang saat ini memprihatinkan, untuk itu kami ingin memperindah Akau Potong Lembu pada 2023 nanti, kami juga mempersiapkan dua proyek pengerjaan, pertama penataan pedagang dan kedua perbaikan drainase," jelas Irfan.

Seperti yang kita ketahui, Akau Potong Lembu merupakan salah satu ikon kuliner Kota Tanjungpinang, kehadiran Akau ini telah ada sejak puluhan tahun lalu, yang kerap menjadi tujuan masyarakat dan wisatawan yang ingin menjajal kuliner makanan laut atau mencari makanan khas Tanjungpinang, Gonggong.

Tahun 2023 nanti, Akau tersebut akan direnovasi kembali, dan 64 pedagang yang terdampak dikabarkan telah setuju untuk direlokasi, ke tempat yang akan dipersiapkan oleh pemerintah.(Drl)

Comments