Pengurus YKI Kepri Resmi Dikukuhkan


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) resmi melantik pengurus YKI Cabang Kepri, untuk periode 2021 - 2024, yayasan yang berkonsentrasi dalam pencegahan dan penanganan kanker tersebut , diharapkan dapat menurunkan kasus kanker khususnya di Kepri.

Kanker masih menjadi penyakit yang ditakuti hingga saat ini, sebab jenis penyakit ini diketahui merupakan penyebab kematian bagi para penderitanya, oleh karena itu pencegahan kanker sejak dini menjadi penting sebab dengan cara inilah kanker akan mudah untuk ditangani.

Hal ini juga dipertegas oleh Ketua Umum YKI, Aru Wicaksono Sudoyo dalam pidato sambutannya, yang menyebutkan bahwa kasus kanker didominasi dengan kasus stadium lanjut, maka dari itu keberadaan YKI diharapkan dapat mencegah kanker sejak dini, melalui edukasi dan program lainnya.

Sementara itu Gubernur Kepri Yakni Ansar Ahmad berjanji akan mendukung program YKI Kepri, khususnya dalam hal penyediaan anggaran bagi pencegahan kanker di Kepri. Menurut Ansar edukasi dan literasi terkait kanker dapat menjadi salah satu jalan dalam upaya menangkal kanker.

Selanjutnya, Ketua YKI Kepri yang baru dilantik, yakni Dewi Kumala Sari berkomitmen akan menjalankan program kerja kedepannya, terutama untuk memberikan pelayanan bagi para penyintas kanker di Kepri, seperti menyiapkan rumah singgah bagi pasien yang ingin melakukan terapi di Kepri maupun luar daerah.

Kanker memang tidak bisa dipandang remeh, karena persentase kematian cukup besar bagi penderitanya. Adapun kanker yang paling sering menyerang kaum wanita adalah kanker payudara sebesar 24 persen lebih di seluruh dunia, sedangkan kanker yang paling sering menyerang pria adalah kanker paru, dengan persentase sekitar 14 persen lebih.(Drl)

Comments