Sejarah Tugu Motivasi Pemuda


GOTVNEWS TANJUNGPINANG - Sempena memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktoberr mendatang, tim liputan Gotvnews mengulik salah satu monumen kepemudaan di Kota Tanjungpinang, yakni Tugu Motivasi Pemuda, dari sudut pandang saksi hidup sejarah yang melihat secara langsung perjalanan berdirinya tugu tersebut.

Inilah Tugu Motivasi Pemuda yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, pada monumen ini terdapat dua orang patung pemuda yang memegang obor, berdasarkan kesaksian pada tugu motivasi pemuda ini, berdiri dan diresmikan sejak tanggal 15 Agustus 1987 silam, di masa pemerintahan Bupati Kepulauan Riau, Almarhum Murwanto.

Tugu yang sempat mengalami berbagai momentum, hingga mengalami aksi vandalisme oleh siswa sekolah, memiliki pesan yang sarat motivasi kepemudaan.

Berdasarkan kesaksian warga tempatan yang telah puluhan tahun tinggal di sekitar kawasan tersebut, kawasan tugu motivasi pemuda ini kerap dijadikan tempat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan event peringatan lainnya, di masa pemerintahan Bupati Kepri, Abdul Manan.

Baca Juga : Lurah Termuda, Mengabdi Untuk Negeri

Salah satu tokoh senior organisasi pemuda di Tanjungpinang, berpesan agar pemuda di Kota Tanjungpinang harus berperan aktif dan mendukung pembangunan negeri, serta pemerintah diminta agar dapat mendukung fasilitas para pemuda untuk bisa mengembangkan prestasi.

Menyambut Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, menjadi momentum untuk para kalangan muda mengingat kembali peran dan fungsi pemuda dalam membangun dan memajukan negri.(Drl)


Comments