SMPN 13 Dompak Siapkan Dua Skema PPDB


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Pembukaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara Daring di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), akan dimulai pada akhir bulan Juni hingga awal Juli mendatang, menjadikan setiap satuan sekolah dalam mempersiapkan untuk penerimaan calon pendaftar agar dalam pelaksanaan dapat meminimalisir permasalahan.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu satuan sekolah di Dompak ini, yakni SMPN 13. Pihak panitia sekolah mengaku tidak hanya mempersiapkan segala teknis PPDB Online, namun juga mempersiapkan skema pendaftaran secara luar jaringan, atau offline, mengingat kondisi masyarakat sekitar hingga saat ini, belum begitu memahami aplikasi PPDB Online dengan baik.

Hal ini dibenarkan oleh ketua panitia PPDB SMPN 13 Dompak, Muhammad Alwi yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala SMPN 13 tersebut, ia menyebutkan hal tersebut dilakukan dengan asas memberikan pelayanan bagi calon pendaftar yang kesulitan menggunakan aplikasi online tersebut.

Alwi menyebutkan pada tahun lalu, hampir 80 persen pendaftar memilih jalur offline dibandingkan jalur online.

Untuk mengantisipasi kerumunan massa, pihak sekolah mengaku akan tetap menerapkan Protkes secara ketat, mulai dari upaya 5 M hingga pembatasan pendaftar dengan jadwal tertentu.

Kendati demikian, Alwi menegaskan bahwa pihaknya juga menyiapkan skema PPDB Online dengan baik, yakni kualitas jaringan yang lebih baik dari tahun lalu, SDM operator yang telah dilatih oleh Disdik Tanjungpinang, serta 20 unit komputer yang disediakan untuk mendukung proses PPDB Online, yang mulai dibuka pada 21 Juni hingga 2 Juli mendatang.

SMPN 13 akan mendapatkan kuota peserta didik baru sekitar 2 rombongan belajar, atau sekitar 72 orang siswa baru, yang kemudian akan terbagi dalam empat kategori yakni jalur prestasi, zonasi, afirmasi dan perpindahan orangtua.(Drl)


Comments