25 Jurnalis di Tanjungpinang akan Ikuti Pelatihan Prebunking Google News Initiative

25 Jurnalis di Tanjungpinang akan Ikuti Pelatihan Prebunking Google News Initiative. f. google.com

GOTVNEWS, Tanjungpinang - 25 orang Jurnalis di Tanjungpinang rencananya akan mengikuti Pelatihan Prebunking Google News Initiative. Pelatihan akan berlangsung selama dua hari di Hotel Pelangi, Tanjungpinang tanggal Sabtu 28 hingga Minggu 29 Januari 2023.

Hal ini juga dibenarkan oleh Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang, Sutana bahwa pelatihan Prebunking dibutuhkan para Jurnalis sebagai salah satu proses dalam pengecekan fakta.

Prebunking juga bertujuan untuk membangun pondasi pengetahuan masyarakat maupun jurnalis dalam membedakan informasi benar dan onformasi tidak benar atau hoaks.

"Sehingga prebunking adalah langkah preventif memerangi informasi tidak benar di internet, nantinya, 25 jurnalis ini akan diberi pengetahuan tentang pencegahan sebelum suatu informasi tidak benar menyebar," jelas Sutana.

Sutana melanjutkan, peserta akan mempelajari teori prebunking, misinformasi dari masa ke masa, memetakan narasi misinformasi atau disinformasi berbagai isu yang berkembang di tengah masyarakat ditambah lagi peserta akan mempelajari bentuk manipulasi informasi dan cara membuat konten prebunking.

"Kami berharap ke 25 jurnalis yang jadi peserta akan dapat membuat konten prebunking. Dan ilmu yang serap dari pelatihan ini nantinya bisa diaplikasikan dalam pekerjaanya," pungkasnya.(Drl)

Comments