53 Orang Positif Antigen Selama PPKM


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang, mendata setidaknya terdapat 53 orang calon penumpang di pelabuhan SBP Tanjungpinang, terkonfirmasi positif Covid 19, sejak diberlakukan PPKM darurat hingga level 4 dari 12 Juli lalu.

Sebagai daerah yang diwajibkan melaksanakan PPKM darurat hingga level 4, Provinsi Kepri memperketat aturan dan pembatasan kegiatan masyarakat, dan menjalankan aturan bagi pelaku perjalanan dalam Negeri, salah satunya moda transportasi laut.

Adapun aturan yang berlaku, setiap pelaku perjalanan diwajibkan menyertakan dua berkas resmi yakni sertifikat vaksin minimal dosis pertama dan surat antigen dengan hasil negatif, sebagai langkah mencegah penyebaran virus Covid 19 yang lebih luas.

Sebagai antisipasi, pemerintah menyediakan fasilitas antigen ditempat, dengan melibatkan pihak ketiga yakni Pt.Kimia Farma, yang dibanderol seharga Rp.150.000 bagi setiap calon penumpang untuk dilakukan usap antigen.

Diberlakukannya test antigen di Pelabuhan SBP, sedikitnya terdapat 53 orang yang positif Covid 19 dan terpaksa dievakuasi petugas KKP Tanjungpinang dengan ambulan khusus, yang kemudian diserahkan ke Pemko Tanjungpinang untuk mendapatkan tindakan medis atau isolasi mandiri maupun terpadu.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala KKP Tanjungpinang, Agus Jamaludin, ia menjabarkan dari total pemeriksaan sejak 12 Juli hingga 29 Juli di Pelabuhan SBP sebanyak 2.357 orang dilakukan test antigen, dan terdapat 53 orang dinyatakan positif, atau dengan rata - rata sekitar 2,25 %.

Agus juga menghimbau agar masyarakat dapat menahan diri untuk bepergian selama PPKM diberlakukan, sebab saat ini pemerintah terus berupaya menekan kasus Covid 19 melalui PPKM level 4.

Ayo tetap disiplin protkes 5 M, amalkan gaya hidup bersih, dan jangan keluar rumah jika tidak ada urusan yang mendesak, lindungi dan sayangi diri anda dan keluarga, dari paparan Covid 19 yang masih mengancam saat ini.(Drl)

Comments