Ansar Sambut Baik Penerapan Batam Logistic Ecosystem


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyambut baik rencana Pemerintah Pusat yang akan menjadikan Kota Batam sebagai Pilot Project atau percontohan penerapan National Logistic Ecosystem melalui Batam Logistic Ecosystem.

Rencana percontohan penerapan sistem National Logistic Ecosystem di Kota Batam, melalui Batam Logistic Ecosystem, diharapkan dapat mendorong nilai ekspor dan impor, sehingga berdampak pada peningkatan logistic di Indonesia , khususnya di Kota Batam.

Penerapan National Logistic Ecosystem, diharapkan dapat memperkuat peran Indonesia National Single Window, yang mengintegrasikan perizinan lebih dari 15 Kementerian atau Lembaga di Lingkungan Pemerintah. Selain itu sistem ini juga tidak hanya mengakomodir kolaborasi antar instansi pemerintahan, namun juga mampu memfasilitasi kolaborasi business to business dari hulu ke hilir.

Skala Kota Batam, dibentuknya B-L-E memungkinkan ditetapkannya single entry untuk semua layanan perizinan dalam satu platform terintegrasi, yang melibatkan regulator, seperti BP Batam ,Bea Cukai Batam , KSOP dan instansi terkait lainnya, untuk mempermudah integrasi laporan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyambut baik rencana pemerintah pusat yang akan menjadikan Kota Batam sebagai Pilot Project atau. ia pun berharap penerapan sistem ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat diterapkan juga di wilayah Indonesia lainnya, khususnya di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

National Logistic Ecosystem merupakan salah satu strategi pemerintah pusat, untuk menjadikan Indonesia menjadi negara dengan konsep poros maritim dunia. Sistem ini disebut sebagai upaya nyata pemerintah dalam mendorong program pemulihan ekonomi nasional, merupakan salah satu rangkaian kegiatan , untuk mengurangi dampak Covid 19 terhadap perekonomian.(Drl)


Comments