Banjir di Sulawesi Barat Rusak Rumah Warga dan Akses Jalan Putus


GOTVNEWS, Nasional - Banjir menerjang wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Imbasnya, sejumlah rumah warga rusak dan mengakibatkan tanah longsor hingga memutus akses jalan.

Kerusakan rumah terjadi di Desa Salutambung, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Air sungai meluap setelah hujan deras melanda Kabupaten ini.

Warga meminta bantuan pemerintah, lantaran rumah milik warga telah rusak akibat banjir, warga saat ini telah mengungsi ke tempat keluarganya yang lebih aman karena kehilangan tempat tinggal.

Banjir di Kecamatan Malunda juga merendam fasilitas pemerintah, ratusan rumah warga hingga jalur trans Sulawesi.

Akses kendaraan dari arah Utara Kota Mamuju dan arah selatan Kota Majene terputus. Pasalnya, kendaraan tidak bisa melintas jalur trans Sulawesi yang juga tertutup longsor dan pohon tumbang sehingga menyebabkan kemacetan panjang kendaraan.

Tanah longsor yang menyebabkan terputusnya akses jalan dilaporkan turut terjadi di jalur trans Sulawesi Desa Onang Utara dan Dusun Sumakuyu Desa Onang Kecamatan Tubo Sendana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar Amri Eka Sakti mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulbar terus memantau perkembangan kondisi kejadian bencana berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sulawesi Barat.

Diketahui, selain Kabupaten Majene, banjir juga menerjang Kabupaten Mamuju dan Polewali Mandar. (Mhd)

Comments