BMKG Tanjungpinang Imbau Waspadai Angin Kencang


GOTVNEWS, Tanjungpinang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mencatat kecepatan angin mencapai 30 - 31 knot atau setara 60 Km per jam.

BMKG Tanjungpinang menyatakan kondisi ini disebabkan adanya peralihan massa udara dari benua Asia menuju Australia, khusus di wilayah Kepri, kecepatan angin juga mempengaruhi tinggi gelombang, antara lain di wilayah Tanjungpinang - Bintan yang mencapai sekitar 2,5 meter dan gelombang tertinggi di sekitar Natuna - Anambas yang mencapai sekitar 6 meter.

Atas kondisi ini, BMKG Tanjungpinang mengingatkan warga untuk lebih waspada, terhadap semua resiko yang akan terjadi, terutama bagi operator pelayaran dan nelayan.

"Dengan kondisi angin saat ini, berpotensi pada naiknya tinggi gelombang sehingga cenderung beresiko pada pelayaran moda laut, selain itu resiko yang dapat timbul karena angin kencang ini adalah pohon tumbang, maka warga diminta lebih waspada," jelas Miranda.

BMKG Tanjungpinang juga mencatat, angin kencang biasanya mulai terjadi sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, selain angin kencang, BMKG juga memprediksi adanya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dalam beberapa hari mendatang, hujan biasanya terjadi pada dini hari. (Drl)


Comments