Curah Hujan Tinggi di Pulau Bintan, Namun Bukan Fenomena La Nina


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Badan Meteorologi Kimatalogi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memprediksi, pada Bulan November ini wilayah Pulau Bintan dan sekitarnya, memasuki curah hujan yang tinggi, namun hal ini bukan di akibatkan oleh fenomena “La Nina” yang terjadi pada beberapa daerah Indonesia bagian timur.

Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang, Miranda Putri, menjelaskan untuk wilayah Pulau Bintan dan sekitarnya sudah memasuki curah hujan yang tinggi, namun ini bukan diakibatkan oleh fenomena “La Nina”, curah hujan tinggi terjadi yang diakibatakan adanya perbedaan suhu di permukaan laut, antara Samudera Pasifik bagian tengah dengan wilayah Indonesia.

Baca Juga : Mau Terbang, Kini Cukup Dengan Negatif Antigen

Dimana akibat perbedaan suhu tersebut, membentuk sebuah awan Anomali menjadi awan Konfektif yang mengakibatkan peningkatan curah hujan, sehingga terjadi dengan signifikan bahkan dapat terjadi berhari- hari di beberapa wilayah Indonesia.

Di sisi lain, BMKG menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada pada cuaca yang tak dapat diprediksi ini, disebabkan hujan dengan intensitas tinggi sangat cukup berpotensi akan terjadinya banjir hingga angin Puting Beliung. (San)


Comments