Dinkes Bintan Laporkan Belum Ada Temuan Kasus Hepatitis Misterius

Foto ilustrasi. f. istimewa.

GOTVNEWS, Bintan - Adanya temuan kasus hepatitis misterius di indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan memghimbau kepada warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Adanya temuan kasus 3 orang anak di RSCM jakarta, membuat menkes mengeluarakan surat edaran waspada terhadap hepatitis misterius yang menyerang anak anak. Dengan kemunculan kasus ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, dr. Gama F. isnaini, menyarankan para orang tua memeriksakan anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat jika ditemukan sejumlah gejala seperti: Urine berwarna kecokelatan, nyeri atau rasa tidak nyaman di perut, demam, mual dan muntah, masalah perut, warna feses yang pucat, kejang, penurunan kesadaran.

"Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan," ujarnya.

Menurutnya, di kabupaten Bintan belum ada temuan atas kasus hapatitis misterius ini, "Belum ada temuan kasus ini, kita tetap waspada dan melakukan pemantauan, apabila ada pasien yg bergejala sakit kuning, disamping menunggu arahan dan juknis dari pusat dan provinsi," terangnya saat di konfirmasi pada Kamis (5/5/2022).

Diketahui penyakit hepatitis merupakan peradangan organ hati. Organ ini adalah adalah organ vital yang berfungsi memproses nutrisi, menyaring darah, dan melawan infeksi. Peradangan hati dapat mempengaruhi fungsi organ ini, dan tingkat keparahan penyakit dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Sementara beberapa jenis hepatitis hanya memberikan dampak ringan dan tidak memerlukan pengobatan intensif, bentuk lain dari penyakit ini bisa menjadi cukup kronis dan berakibat fatal.

"Kita himbau agar warga waspada apabila ada saudara kita yg menderita gejala sakit hepatitis, seperti demam, sakit perut kanan atas, mual, muntah kencing kuning seperti teh, mata kuning, agar segera periksa ke puskesmas dan RS terdekat," tutupnya.(Mhd)

Comments