Empat Faktor Landainya Covid 19 di Kepri


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Melandainya kasus covid 19 di Kepri, semakin menunjukkan perkembangan yang baik, penurunan kasus aktif covid 19 ini dilandasi beberapa factor, keberhasilan ini juga didukung kerjasama yang baik antar masyarakat dan pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Mochammad Bisri, menyampaikan atas melandainya penyebaran covid 19 yang terjadi di Provinsi Kepri dan menilai ada empat faktor upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan didukung oleh kesadaran masyarakat, bahkan periode 12-21 november 2021 tercatat nol kasus baru di Kepri.

Bisri mengatakan empat faktor itu antara lain, Surveilans, pengobatan, vaksinasi, dan disiplin protokol kesehatan, surveilans atau testing terhadap masyarakat dilakukan untuk mendeteksi virus covid-19 pada pelaku perjalanan apabila kedapatan terkonfirmasi positif maka langsung diambil tindakan pelacakan kontak agar penyebaran virusnya tidak meluas.

Pemprov Kepri juga menyatakan tracing di Kepri sangat bagus, hal ini terbukti dengan diberikannya penghargaan tracing tertinggi kepada kota Batam. Kemudian, terapi atau pelayanan pengobatan pasien covid-19 di rumah sakit juga berjalan sangat baik.

Selain itu, capaian vaksinasi sudah di angka 90 persen lebih atas capaian ini Provinsi Kepri masuk empat besar Provinsi dengan cakupan vaksinasi tertinggi di Indonesia.

Kendati demikian, Satgas covid 19 Kepri mencatat cakupan vaksinasi lansia di Kepri terhitung masih rendah atau masih sebesar 73,94 persen dari total tujuh kabupaten-kota di Kepri, baru 4 daerah capaian vaksinasi lansianya melebihi 70 persen yaitu Tanjungpinang, Batam, Natuna dan Lingga.

Baca Juga : Pasar Cendrawasih Hadir di Tanjungpinang

Sementara 3 daerah lainnya harus bekerja keras untuk mengejar target vaksinasi lansia, karena ini turut mempengaruhi leveling pada kebijakan PPKM. (Drl)


Comments