Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Kepri, Kapan ? Catat Waktunya


GOTVNEWSTANJUNGPINANG - Pada beberapa wilayah di Indonesia termasuk Provinsi Kepri, akan mengalami fenomena Kulminasi Utama atau hari tanpa bayangan, mau tau kira-kira kapan terjadi fenomena tersebut di daerah anda, mari saksikan liputannya.

Fenomena hari tanpa bayangan matahari akan terjadi di seluruh Provinsi di Indonesia, tak terkecuali bagi Provinsi Kepulauan Riau.

BMKG Tanjungpinang menginformasikan dan memprediksi, seluruh masyarakat Kepri akan bisa mengalami hari tanpa bayangan dimana posisi matahari akan tepat berada di atas kepala atau di titik Zenit yang mengakibatkan bayangan tegak akan menghilang karena bertumpu pada bayanganya sendiri.

Baca Juga : KPK Periksa Lima Saksi Kasus TPK Cukai Rokok dan MMEA

Waktu Kulminasi di wilayah Kepri bervariasi, mulai tanggal 12 hingga 23 September 2021, dimulai wilayah paling utara yakni Kabupaten Natuna dan terkahir terjadi pada wilayah paling selatan di Kepri, yakni Kabupaten Lingga. Sedangkan untuk kota Tanjunginang akan terjadi pada tanggal 20 september 2021 pukul 11 menit 55 Waktu Indonesia Bagian Barat.

Fenomena hari tanpa bayang merupakan fenomena biasa yang kerap terjadi pada tiap tahun, momentum tersebut dapat dirasakan apabila matahari tidak tertutup oleh awan.(San)


Comments