Jordi Amat dan Sandy Walsh Resmi Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia


GOTVNEWS, Sport - Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai melakukan pengambilan sumpah janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, pada Kamis, (17/11/2022) lalu.

Jordi Amat (30) dan Sandy Walsh (27) merupakan pesepakbola keturunan Indonesia yang berposisi sebagai bek. Masing-masing dari mereka berkewarganegaraan Spanyol dan Belanda, yang lama berkarier di Eropa.

Jordi Amat merupakan pesepakbola jebolan akademi Espanyol yang lahir di Barcelona, pada 21 Maret 1992.

Ia memiliki darah keturunan dari neneknya yang berkewarganegaraan Indonesia.

Jordi tercatat pernah memperkuat tim sepakbola seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis. Saat ini, ia merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh merupakan pemain sepakbola di salah satu klub Liga Belgia, KV Mechelen, yang berposisi sebagai bek kanan.

Pria kelahiran Brussel, Belgia, pada 14 Maret 1995 itu mengaku memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari kakek dan nenek sang ibu.

Keduanya telah menyelesaikan tahapan proses naturalisasi dengan mengucapkan sumpah WNI dan juga menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sangat fasih dan lancar.

Jordy dan Sandy mengatakan bahwa mereka sangat senang dan bangga bisa menjadi warga negara Indonesia.

Selain itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersyukur Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah sah menjadi WNI.

Namun, mereka masih harus menjalani proses pergantian federasi terlebih dahulu di FIFA sebelum disahkan untuk membela Timnas Indonesia.

Iriawan berharap, proses perpindahan federasi tersebut dapat berjalan dengan lancar agar keduanya bisa bermain di Piala AFF 2022 nantinya. (Frh)

Comments