Kepri Berpeluang Dapat Dana Hibah Dari AS, Maksimal 500 M


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Untuk mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat saat ini, Pemprov Kepri tampaknya mendapatkan angin segar, pasalnya dari lima Provinsi yang ada di Indonesia, Kepri juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan dana hibah dari negara Amerika Serikat, melalui Program Compact 2, Millenial Challenge Corporation (MCC), dengan bantuan maksimal sebesar 500 Milyar Rupiah untuk pengentasan kemiskinan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad usai melakukan rapat pembahasan usulan program strategis dari Kepri atas bantuan tersebut, yang juga dihadiri Sekretaris Kementrian Bappenas RI beserta tim MCC, di Gedung Daerah, Tanjungpinang, pada hari ini Senin (13,9) pagi.

Ansar menjelaskan, nantinya Pemprov Kepri akan segera menyusun usulan program strategis yang akan diajukan kepada tim MCC, seperti program pembangunan fasilitas air bersih di Lingga, hingga pembangunan jalan lingkar di Kota Tanjungpinang.

Namun Ansar kembali menegaskan, program MCC tersebut juga menekankan untuk pengentasan kemiskinan di Kepri, maka sebagai langkah yang tepat, ia memerintahkan agar Dinas Perikanan dan Kelautan Kepri bisa secepatnya mengusulkan program peningkatan komoditas rumput laut dan perikanan, serta ditambah lagi dari sektor pertanian, sehingga dapat memberi efek langsung bagi masyarakat.

Baca Juga : Lima Hari Jatuh Kelaut, Arfa Belum Ditemukan

Ansar menegaskan, saat ini pihaknya akan bergerak cepat, lantaran waktu yang tersedia cukup pendek, dan saat ini tim MCC tengah melakukan survey ke daerah yang diusulkan oleh Pemprov Kepri, seperti Karimun, Lingga dan Natuna.

Jika disetujui, nantinya Pemprov Kepri akan berkesempatan mendapatkan bantuan dana hibah maksimal 500 Milyar Rupiah dari Negara Paman Sam tersebut, untuk memulihkan ekonomi masyarakat melalui program pengentasan kemiskinan di masa pandemi Covid 19.(Drl)


Comments