Lantamal IV Vaksinasi Warga Hinterland


GOTVNEWS BINTAN - Untuk terus mengejar kekebalan kelompok terhadap Covid 19, bahkan hingga ke pelosok pulau terluar, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, terus melaksanakan serbuan vaksinasi maritim, yang juga disejalankan dengan peringatan HUT TNI ke 76, sebagai bentuk bakti TNI dalam mendukung program vaksinasi untuk negri.

Dalam program serbuan vaksinasi maritim sempena HUT TNI ke - 76 ini, komandan lantamal IV, Laksmana Pertama Dwika Tjahja Setiawan turun langsung dan meninjau proses vaksinasi serta memotivasi warga agar bersedia menerima vaksin hingga dosis kedua.

Laksma Dwika menyampaikan, sejauh ini pelaksanaan program serbuan vaksinasi maritim yang dilakukan TNI AL telah mencapai sekitar 95.000 orang atau sekitar 45 %, dan capaian ini akan terus dikejar hingga seluruh masyarakat di kepri dapat menerima vaksin meskipun berada di pelosok pulau sekalipun.

Selain itu, untuk menyukseskan serbuan vaksinasi maritim ini, personel Lantamal IV juga dikerahkan untuk menjemput warga dari pulau pelosok lainnya, bahkan anggota TNI AL tidak segan menjemput langsung warga berkebutuhan khusus untuk dapat sampai ke sentra vaksinasi.

Dalam kesempatan kali ini masyarakat Dusun Selat Limau, dan beberapa dusun lainnya yang berada di Desa Mantang Besar, Kabupaten Bintan, berkesempatan untuk mendapatkan manfaat untuk pencegahan Covid 19. Dusun yang merupakan pulau kecil dengan jumlah penduduk sekitar 60 kepala keluarga ini ternyata masih sangat minim mendapatkan pelayanan vaksinasi, dengan target sekitar 300 orang hari ini, diberikan jenis Vaksin Sinovac.

Kepala Desa Mantang Besar, Saipul menerangkan, dari jumlah total 60 KK penduduk pulau tersebut, hanya ada dua orang warga yang telah menerima vaksin, sedangkan sisanya terkendala akibat jauhnya jarak dan transportasi, bahkan ada sebagian masyarakat yang terpengaruh Hoaks terkait efek vaksin.

Baca Juga : Omset Pedagang Otak Otak Meningkat

Sementara itu, salah satu warga yang menerima manfaat program vaksinasi, Yusan bersyukur atas upaya jemput bola yang dilakukan oleh Lantamal IV dan pemerintah setempat yang menyediakan fasilitas vaksinasi, sebab selama ini warga cukup terkendala masalah transportasi dan kesibukan sehari hari sebagai nelayan.

Diharapkan melalui gencarnya serbuan vaksinasi dari seluruh pihak, dapat mewujudkan kekebalan kelompok masyarakat di Kepri, hingga 100 %, untuk mencegah dampak bahaya dari Covid 19 yang masih perlu diantisipasi, meskipun saat ini Kepri termasuk dalam zona kuning sekalipun.(San)


Comments