Sepanjang 2021, Banjir Masih Dominasi Bencana di Tanjungpinang


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Sepanjang tahun 2021 telah terjadi setidaknya 362 kejadian bencana di Kota Tanjungpinang, angka ini berdasarkan catatan badan penanggulangan bencana daerah Kota Tanjungpinang per bulan Oktober 2021, bencana didominasi bencana banjir, kebakaran lahan dan kekeringan.

Sepanjang tahun 2021 BPBD Kota Tanjungpinang mencatat ada sebanyak 362 kejadian bencana yang terjadi di Kota Tanjungpinang, ratusan kejadian bencana tersebut tergolong menjadi 19 kejadian bencana dan didominasi oleh bencana besar seperti, banir 109 kejadian, kebakaran lahan 81 kejadian, kekeringan 63 kejadian, tanah longsor 40 kejadian, hingga pohon tumbang 25 kejadian.

Hal ini juga disampaikan oleh seketaris BPBD Kota Tanjungpinang, Andhika, dimana pada bulan Januari lalu Kota Tanjungpinang pernah mengalami kondisi banjir yang sangat parah, yang diakibatkan oleh faktor alam seperti curah hujan yang tinggi serta kondisi drainase di beberapa titik wilayah Kota Tanjungpinang yang tidak berfungsi dengan baik.

Berkaca dari tahun ini, pihak BPBD Kota Tanjungpinang telah siap siaga akan datangnya kejadian bencana yang akan dating, dengan selalu berkordinasi dan mejalani kerjasama berbagai instansi terkait dalam menanggulangi bencana yang lebih baik lagi.

Baca Juga : Cuaca Buruk, Kapal Tujuan Anambas Batal Berangkat

Berdasarkan data yang di himpun BPBD Kota Tanjungpinang pada tahun 2020 total kejadian bencana terjadi sebanyak 230 kejadian dan terjadi kenaikan diatas 50 persen yakni sebanyak 362 kejadian ditahun ini. (San)


Comments