Markas Koarmada I Tanjungpinang Diresmikan, 1.600 Personel dan Puluhan Armada Perkuat Wilayah Kepri


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Wakil Kepala Staf TNI angkatan laut, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono meresmikan Markas Komando Armada I di Tanjungpinang, Senin (5/11/2022).

Peresmian Markas Koarmada I di Tanjungpinang bertepatan dengan peringagan hari Armada RI yang peringati setiap tanggal 5 Desember.

Sebelumnya, Markas Koarmada I ini berpusat di Jakarta, namun karena alasan rentang kendali dan menghemat biaya operasional, Markas Koarmada I akhirnya dipindahkan ke Wilayah Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan perpindahan markas disesuaikan dengan perkembangan ilmu strategi perang.

Menurutnya, armada kapal perang dalam sehari dapat menghabiskan 10 hingga 15 ton bahan bakar menuju daerah operasi seperti daerah Sabang, Natuna, hingga Selat Malaka.

Perpindahan ini tentu dapat menghemat pengeluaran bahan bakar hingga 15 ton per kapal.

Selain hemat bahan bakar, keberadaan pangkalan militer di Tanjungpinang bakal mendukung strategi kecamatan bergerak, untuk menjaga keamanan laut di wilayah perbatasan hingga daerah rawan konflik.

"Dari sisi strategi reaksi bergerak ini, kita menghadapi Selat Malaka dari gangguan keamanan di laut, kita juga menghadapi dinamika situasi laut Natuna Utara kemungkinan terjadinya illegal fishing," ucapnya.

TNI AL menargetkan sebanyak 1.600 personel akan dipindahkan secara bertahap ke Wilayah Kepulauan Riau beserta 60 armada kapal.(San)

Comments