Pesan Persatuan Dari Pulau Penyengat


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Ketua Majelis Syuro (KMS) PKS pusat, Doktor Salim Segaf mengunjungi Pulau asal muasal dari bahasa pemersatu bangsa Indonesia, yakni Pulau Penyengat, dalam kunjungannya, mantan Mensos RI tersebut juga menyempatkan diri melakukan ziarah ke makam - makam tokoh pahlawan nasional yang berjasa melawan penjajah baik secara peperangan maupun ideologi.

Suasana kedatangan tokoh ulama sekaligus politik dari partai PKS tersebut, setibanya di Pulau Penyengat, langsung disambut oleh kompang dan dipasangkan tanjak oleh tokoh masyarakat setempat, Dr. Salim beserta rombongan kembali melanjutkan ziarah ke makam - makam tokoh bersejarah.

Dengan menggunakan becak motor, Dr. Salim yang juga salah satu zuriat dari Rasulullah S.A.W. langsung mengunjungi makam Engku Hamidah yakni permaisuri dari Sultan Mahmud yang juga pemegang regalia Kesultanan Riau Lingga, dilanjutkan dengan ziarah ke makam pahlawan nasional yang merupakan pencipta Gurindam 12, yakni Raja Ali Haji.

Rombongan melanjutkan ke makam pahlawan nasional lainnya, yakni makam Raja Haji Fisabilillah, beserta makam Mufti Kesultanan Riau Lingga yakni makam Habib Syekh Alwi Assegaf, disetiap ziarahnya, tokoh ulama ini selalu menadahkan tangan untuk mendoakan para tokoh yang telah berjasa bagi bangsa dan negara ini.

Hal ini juga disampaikan oleh Dr. Salim disela - sela kunjungannya di Pulau penuh sejarah ini, bahwa semangat perjuangan yang pernah ada di Pulau ini masih harus diwujudkan oleh kita saat ini, yakni perjuangan melawan pandemic, kondisi ekonomi yang melemah, bahkan ancaman perpecahan akibat perbedaan dan sikap intoleransi.

Dr. Salim juga merasa bangga karena telah mengunjungi Pulau yang merupakan asal muasal bahasa pemersatu bangsa yakni bahasa Melayu, walau dengan populasi penduduk yang cenderung sedikit, namun melalui Pulau ini dapat menyatukan bangsa Indonesia.

Setelah selesai menziarahi makam - makam tokoh pahlawan nasional, Dr. Salim bersama rombongan bergeser ke Masjid Raya Sultan Riau Lingga, untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat dan kali ini Dr. Salim berkesempatan menjadi khatib dan imam shalat Jumat di masjid bersejarah tersebut.

Baca Juga : Kunjungan KMS PKS Naikkan Semangat Kader

Dalam kunjungan silaturahmi kebangsaan ini, Dr. Salim akan diagendkan dengan berbagai rangkaian kegiatan lainnya yang bertujuan untuk menyampaikan pesan persatuan, serta merajut keberagaman dalam persatuan untuk bangsa yang utuh dan maju kedepannya. (Drl)


Comments