Ratusan Kader PKK Tanjungpinang Ikuti Bimtek Gerakan Tanam Cabai


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kota Tanjungpinang, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tanjungpinang bekerjasama dengan beberapa pihak memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada ratusan Dasawisma PKK di Kecamatan Tanjungpinang Timur, Selasa (22/11/2022) pagi.

Inilah suasana Bimtek gerakan tanam (Gertam) cabai dan pemanfaatan perkarangan rumah, yang digelar di Aula kantor Kecamatan Tanjungpinang timur. Kegiatan ini diikuti sekitar 150 orang kader PKK dari lima kelurahan yang ada di kecamatan Tanjungpinang timur.

Para kader PKK yang merupakan Anggota Dasawisma tersebut mendapatkan sosialisasi dan pelatihan terkait gerakan tanam cabai dan pemanfaatan perkarangan rumah, Bimtek ini dilakukan oleh Dinas ketahanan pangan, pertanian dan kesehatan hewan (DKP2H) Kepri.

Sekretaris TP PKK Kota Tanjungpinang, Syamilatul Khariroh optimis dengan bantuan 2000 batang bibit cabai yang diserahkan oleh Pemprov Kepri ini, para kader dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, sehingga dapat mewujudkan keluarga yang sehat, kuat dan sejahtera.

"Kami berharap melalui kegiatan ini para kader PKK di Tanjungpinang dapat meningkat kemampuan ekonomi dalam menekan inflasi di kota Tanjungpinang, karena cabai ini merupakan salah satu kebutuhan pokok di Tanjungpinang," ungkap Syamilatul.

Sementara itu, Kabid Konsumsi dan keamanan pangan DKP2KH Kepri, Muhammad Basri menjelaskan program ini merupakan gerakan yang dilandasi oleh TP PKK Kepri, untuk menekan lajunya inflasi di daerah.

"Dari pelatihan ini para Dasawisma kita dorong dapat menanam cabai dan memanfaatkan perkarangan dengan baik, produksinya banyak dan mampu menekan angka inflasi di kota Tanjungpinang," jelas Basri.

Bagi Dasawisma yang mampu memproduksi cabai dengan baik dalam program Gertam ini, akan diberikan hadiah oleh TP PKK Kepri, pada tahun depan, sebagai apresiasi dari keseriusan dalam mensejahterakan keluarga dan meningkatkan ekonomi daerah. (Drl)

Comments