Ratusan Rumah di Kampung Bugis Tanjungpinang Terdampak Banjir Rob

Ratusan rumah di Kampung Bugis Tanjungpinang Terdampak Banjir Rob. f. Gotvnews/San.

GOTVNEWS, Tanjungpinang - Setidaknya sebanyak 270 rumah warga di wilayah Kampung Bugis, Tanjungpinang terendam air akibat fenomena banjir rob atau naik pasang air laut yang terjadi pada hari Rabu (25/1/2023).

Lurah Kampung Bugis, Ibnu Roji menyebut 6 titik banjir rob yang terjadi di wilayah Kampung Bugis, dimana mayoritas kawasan tersebut merupakan wilayah pesisir.

"Di Wilayah Kampung Bugis ada 6 RW rata semuanya terendam banjir rob," ucapnya Rabu (25/1/2023).

Ibnu menambahkan satu RW ada 45 rumah yang terendam banjir akibat naiknya pasang air laut, ditambah dengan kondisi cuaca yang buruk seperti hujan yang tidak menentu.

"Dari laporan masuk untuk satu wilayah RW saja ada 45 rumah yang terdampak banjir rob, dan informasi terkahir saat ini banjir rob sudah surut," katanya.

Meskipun demikian, pihak kelurahan belum dapat menghitung kerugiaan secara materil yang dialami oleh warga, hal tersebut dikarenakan masih mengumpulkan sejumlah data dari masing masing RT.

"Tapi kita pastikan kurigaan itu pasti ada namun belum masuk total keseluruhan dari kami, namun ada sebagian warga tidak sampai 10 rumah yang terdampak banjir rob, seperti kasurnya yang tidak dapat digunakan lagi," katanya.

Selain itu, demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya akan membangun posko bantuan yang terpusatkan di Kantor Lurah.

"Kita nanti sediakan posko bantuan kepada warga yang terdampak yang bekerjasama dengan BPBD yang di tempatkan di Kantor Lurah, seperti mendirikan dapur umum dan pendistribusian kasur, besok kemungkinan semua elemen pemerintah akan bergerak," terangnya.

"Kami sudah menyisir puing - puing maupun sampah yang di hasilkan oleh bajir rob ini, namun terkendala oleh waktu dan akses jalan yang sempit sehingga lori tidak bisa masuk, kemungkinan akan dilanjutkan esok hari dibantu oleh warga setempat," jelasnya lagi.(San)

Comments