Wacana Konsep 3 In 1 Di Masjid Ashabul Qur'an.


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Jika mendengar kata Masjid, mungkin pada umumnya yang terlintas dalam pikiran kita adalah rumah ibadah bagi Umat Muslim, di Tanjungpinang akan telah dibangun sebuah Masjid yang diberi nama Masjid ashabul qur'an , namun Masjid ini meliki konsep berbeda dengan Masjid lainnya ,mau tau lebih dalam akan Masjid ini, mari..saksikan liputannya..

Masjid ashabul qur'an, yang terletak di wilayah Tanjungpinang Timur, Km.9 Kota Tanjungpinang. Kini memang masih dalam proses pembangunan. Masjid yang digagas oleh Yayasan Pusat Qur'an Indonesia ini, mengangkat konsep tri in one, yang mana konsep ini ,belum ditemui dirumah ibadah manapun di tanah air.

Masjid yang dibangun dari lahan wakaf, memiliki luas sekitar 1 Hektar ini, mengedepankan konsep yang komprehensif dari segi rumah ibadah, pendidikan hingga pelayanan terhadap ummat.

Selain itu, yang menarik di Masjid ini , memiliki cita-cita sebagai sarana pembinaan bagi Hafidz Al Qur’an, dengan memberikan suasana yang ramah bagi jamaahnya, mulai dari kaum difabel,wanita dan anak-anak, hingga ramah bagi Musafir serta lingkungannya, selain itu, Masjid ini juga dapat menjadikan solusi bagi umat muslim yang membutuhkan uluran tangan atau bantuan sosial.

Pada konsep bangunannya juga memiliki ciri khas melalui ornamennya, nantinya akan terdapat Taman Hijaiyah, yang dijadikan sebagai sarana pendidikan Al Qur'an untuk santri usia dini, saat ini telah dibangun 8 huruf Hijaiyah berukuran besar setinggi dua meter tiap hurufnya, dan sisanya akan lanjutkan pembangunannya dengan bertahap.

Masjid Ashabul Qur'an ini , mulai dibangun pada tahun 2019 lalu, hingga saat ini telah mencapai pembangunan sekitar 40 persen, dan ditargetkan akan dapat digunakan pada akhir tahun 2021.

Salah satu Konsultan Yayasan Pusat Qur'an Indonesia, Yusuf mengatakan, total biaya pembangunan Masjid ini sekitar 15 Milyar Rupiah, selain itu Yayasan Pusat Qur'an Indonesia juga mengajak bagi Umat Islam yang memiliki finansial yang lebih, agar dapat mendukung pembangunan Masjid ini, dengan target rampung pada 2025 kedepan.

Masjid Ashabul Qur'an disiapkan selain sebagai rumah ibadah, dan menegakkan syiar agama Islam, juga menciptakan generasi Qurani.(Drl)


Comments