Waspada Virus Variant Baru Omicron


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Kebimbangan kembali terjadi akibat telah ditemukan varian baru virus Covid 19, yakni varian Omicron, awalnya varian ini di deteksi dari Negara Afrika Selatan, kemudian menyebar ke 16 negara di dunia, sehingga Republik Indonesia ikut bersiaga atas ancaman virus dengan varian baru ini.

Penemuan Virus Covid 19 varian baru Omicron dilaporkan pertama kali oleh WHO pada 26 November lalu yang berasal dari Afrika Selatan, hingga saat ini sebanyak 16 negara yang telah melaporkan penyebaran varian baru tersebut, dengan kasus terbanyak yakni Afrika Selatan sekitar 77 kasus Covid Omicron.

Melihat ancaman ini, pemerintah Indonesia pun mulai bersiap untuk mencegah masuknya virus tersebut, dengan meningkatkan pengawasan melalui pintu masuk, terutama di pelabuhan maupun bandara, selain itu juga bagi daerah yang memiliki resiko besar, seperti Kepri yang diketahui berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Menanggapi hal tersebut, Ansar Ahmad menyebutkan masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, terkait prosedur pengetatan pintu masuk bagi WNA maupun WNI yang ingin masuk melalui Kepri.

Baca Juga : Walikota Himbau Warganya Tak Keluar Kota

Selain pengetatan pintu masuk, lanjut Ansar, Pemprov Kepri juga akan meningkatkan pelaksanaan testing dan tracing, terutama kasus yang terkonfirmasi dengan riwayat perjalanan dari luar negeri/ khususnya dari negara asal varian Omicron yakni Negara Afrika Selatan.

Sejauh ini belum terdeteksi adanya kasus varian baru Omicron di Kepri dan hal ini akan terus dicegah masuk ke bumi segantang lada. (Drl)


Comments