2022 E-Passpor Segera Launching


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kepri khususnya di kota Tanjungpinang, kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang segera merilis pelayanan elektronik passpor yang rencananya akan diluncurkan pada 26 Januari 2022 mendatang.

E - Passpor sendiri merupakan salah satu inovasi dalam memberikan pelayanan keimigrasian yang baru diterapkan pada beberapa negara dan untuk di Indonesia baru tersedia di Jakarta, Surabaya dan kota Batam dan tahun depan, passpor yang memiliki standar pengamanan biometrik yang dilengkapi chip tersebut akan hadir di kota Gurindam.

Kelebihan E Paspor sendiri antara lain, data dalam E Paspor lebih tepat dan lengkap yakni berupa biometrik wajah, sidik jari, kemudian terdapat chip yang sulit untuk dipalsukan.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Khairil Mirza, saat konferensi pers, dirinya menyebutkan bahwa untuk syarat pengurusan e-passpor, lebih kurang sama dengan pengurusan passpor konvensional yakni data diri seperti E KTP dan berkas lainnya.

Rencananya pemerintah pusat akan menyediakan 300.000 buku e - passpor pada tahun 2022 mendatang dan dihimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas layanan terbaru di Tanjungpinang.

Baca Juga : Sepanjang 2021 Imigrasi Deportasi 48 WNA

Imigrasi sepanjang tahun 2021 telah menerbitkan sebanyak 3.333 buku paspor konvensional, jumlah ini lebih sedikit jika dibanding tahun 2019 yang berjumlah sekitar 17.609 paspor, namun mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2020 yang hanya berjumlah 1.736 paspor, lantaran kondisi pandemic. (Drl)


Comments