Barantan Jamin Hewan Kurban Sehat


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Menjelang perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah yang jatuh pada 20 Juli besok, pihak barantan Kelas II Tanjungpinang menjamin bahwa seluruh komoditas ternak baik komoditas kurban maupun komoditas pasar yang masuk ke Pulau Bintan, dijamin sehat dan memenuhi kriteria, serta bebas dari penyakit hewan.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengawasan mutu dan kesehatan hewan ternak, khususnya di Pulau Bintan, pihak Barantan Kelas II Tanjungpinang mengklaim bahwa menjelang satu hari perayaan idul adha, pihaknya menjamin seluruh hewan ternak dalam kondisi yang sehat, dan telah melalui serangkaian tes PCR jembrana.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Barantan Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho, ia menjelaskan pihaknya juga memastikan sertifikasi hewan yang masuk adalah sertifikat asli, serta meninjau langsung kondisi hewan dilapangan, sebelum idul adha dimulai.

Raden melanjutkan, selama pengawasan yang dilakukan menjelang idul adha, pihaknya juga memastikan tidak ada aktivitas penyelundupan ternak yang beresiko di Pulau Bintan selama ini.

Berita terkait : Panitia Qurban Wajib Tes Antigen

Selain itu, berdasarkan data yang dirilis oleh pihak Barantan Tanjungpinang, terjadi peningkatan komoditas ternak yang masuk ke Pulau Bintan tahun 2021 per 15 Juli, yakni berjumlah total 3.652 ekor hewan ternak, jika dibanding tahun 2020 lalu yang hanya berjumlah total 3.468 hewan ternak, atau meningkat sebanyak 5 %.(Drl)

Comments